-->

Kumpulan Tutorial Mikrotik Indonesia

Belajar Mikrotik berupa Tutorial mikrotik, Setting Mikrotik Hotspot, Download Winbox Mikrotik ada disini Tutorial Mikrotik Indonesia blog

Thursday, March 21, 2013

Cara Membatasi (Limit) Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue Mikrotik

Cara Membatasi (Limit) Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue Mikrotik - Mengatur dan membatasi pemakaian Bandwidth internet memang suatu hal yang penting ketika koneksi internet kita terbatas, misalnya kuota bandwidth yang terbatas dari ISP. Kita perlu membatasi kuota bandwidth tiap user yang terkoneksi ke Router Mikrotik. Pada Router Mikrotik sendiri sudah tersedia fitur yang bisa membatasi (limit) bandwidth yaitu Queue. Ada dua macam Queue pada Mikrotik :
  1. Queue Simple : merupakan cara termudah untuk melakukan management bandwidth yang diterapkan pada jaringan skala kecil sampai menengah untuk mengatur pemakaian bandwidth upload dan download tiap user.
  2. Queue Tree : mirip seperti queue simple tapi lebih rumit, yaitu dapat melakukan pembatasan bandwidth berdasarkan group bahkan secara hierarki. Kita harus mengaktifkan fitur Mangle pada Firewall jika ingin menggunakan Queue Tree.
Pada artikel kali ini kita akan membahas fitur Queue Simple dulu. Oke, mari kita belajar mikrotik bersama :)

Untuk pembahasan Queue Simple kali ini kita akan mencoba praktek membuat limit Bandwidth semua user dengan mikrotik. Silakan buka Winbox nya dan pilih menu Queues, maka akan muncul tampilan berikut :

Sebelum kita mulai membatasi Bandwidth internet dengan mikrotik, pastikan dulu berapa Bandwidth Internet yang anda dapat dari ISP yang anda pakai. Sehingga nantinya nilai Bandwidth yang dilimit tidak melebihi alokasi Bandwidth dari ISP. Misalnya bandwidth dari ISP sebesar 1 Mbps, maka limit bandwidth nya diset lebih kecil atau sama dengan 1 Mbps.

Untuk menambahkan Simple Queue baru klik tombol +, maka akan muncul tempilan seperti berikut :


Ada beberapa tab di jendela Simple Queue tersebut, namun kita hanya akan menggunakan tab General dan Advanced saja. 

Tab General
Pada tab General ada beberapa pilihan yang dapat diseting. Yang perlu kita perhatikan dengan seksama yaitu pilihan Target Address dan Max Limit. 

Target Address

Anda dapat mengisis Target Address dengan IP address tertentu yang ingin anda batasi Bandwidth nya, misal 192.168.100.0/24. Dari gambar di atas bisa dilihat untuk Target Address kosong, ini berarti konfigurasi limit Bandwidth ini berlaku untuk semua alamat IP. 

Max Limit

Max Limit adalah alokasi bandwidth maksimal yang bisa didapatkan user, dan biasanya akan didapatkan user jika ada alokasi bandwidth yang tidak digunakan lagi oleh user lain. Jangan lupa centang Target Upload dan Target Download untuk mengaktifkan fitur ini, pilih besar Bandwidth yang ingin dilimit pada Max Limit. Misalnya upload : 256kbps download : 1Mbps.

Besar limit Bandwidth untuk upload lebih rendah daripada download nya karena memang user biasanya lebih banyak melakukan download (browsing, download musik, file, dll) daripada upload. Anda dapat memilih sesuai keinginan.

Anda juga dapat menentukan waktu kapan dan berapa lama Simple Queue ini akan mulai berjalan dengan memilih opsi Time.

Tab Advanced


Pada tab Advanced hal yang perlu diperhatikan pada opsi Interface dan Limit At. 

Interface
Pilih interface mana yang ingin dibatasi bandwidth nya, misalnya interface Wlan1 untuk membatasi koneksi internet via wireless. Jika ingin membatasi bandwidth di semua Interface pilih all.

Limit At
Limit At adalah alokasi bandwidth trendah yang bisa didapatkan oleh user jika traffic jaringan sangat sibuk. Seburuk apapun keadaan jaringan, user tidak akan mendapat alokasi bandwidth dibawah nilai Limit At ini. Jadi Limit At ini adalah nilai bandwidth terendah yang akan didapatkan oleh user. Nilai nya terserah anda mau diisi berapa. Misalnya diisi upload 128kbps download : 512kbps.

Untuk opsi lainnya akan dibahas pada artikel Tutorial Mikrotik Indo selanjutnya.

Nah, dari konfigurasi tersebut, maka hasilnya jika semua user sedang memakai koneksi internet dan kondisi jaringan sibuk maka tiap user akan mendapatkan bandwidth sebesar 128kbps/512kbps. Jika satu atau beberapa user tidak sedang menggunakan koneksi maka alokasi bandwidth akan diberikan ke user yang sedang terkoneksi. Dan jika hanya satu user yang menggunakan koneksi maka user itu akan mendapatkan alokasi bandwidth maksimal 256kbps/1Mbps.

Klik ok untuk menambahkan Simple Queue tersebut, sehingga akan muncul di queue list.


Pada gambar di atas, ada dua Simple Queue, yaitu Simple Queue yang terbentuk secara otomatis oleh Hotspot di artikel sebelumnya Cara Membuat Hotspot di Mikrotik : Seting dasar Hotspot Mikrotik
dan Simple Queue yang baru dibuat. Jika ada dua konfigurasi berbeda maka akan dieksekusi dari atas ke bawah (top to bottom), jadi Simple Queue hotspot dieksekusi dulu baru kemudian Simple Queue Mikrotik Indo. Walaupun Simple Queue hotspot Tx Rx Max limit nya unlimited, tapi semua user hotspot akan mendapatkan bandwidth Max Tx Rx 256k/1M dari Simple Queue MikrotikIndo, sehingga Simple Queue hotspot itu tidak berlaku.

Anda dapat mengatur konfigurasi Simple Queue sesuai selera anda sendiri. Silakan anda kembangkan sesuai keinginan anda sendiri. oke, semoga Tutorial Mikrotik Indonesia tentang Cara Membatasi (Limit) Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue Mikrotik ini bermanfaat. Selamat belajar Mikrotik :)

72 Komentar Cara Membatasi (Limit) Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue Mikrotik

  1. ip addres user gag di perlu kan ya om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu juga bisa kok, kalo mau dikasih buat user dengan ip tertentu juga bisa isikan aja ip address nya di Target Address.
      Semoga membantu :)

      Delete
  2. sangat membantu sekali :) matur nuwun :)

    ReplyDelete
  3. tQ tuturialnya gan,....

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Infonya Bagus banget gan, ada ga posting seting bandwith untuk 20 Pc dengan bandwith 2 mb, kalo ada tolong di share gan... Thxs

    ReplyDelete
  6. kalau IP addres 10.10.10.1 gimna cara settingnya

    ReplyDelete
  7. thanks banget mas,,
    saya bisa berbagi share ke kawan2,

    ReplyDelete
  8. thanks buat share ilmunya

    ReplyDelete
  9. Terima kasih banyak mas ilmunya
    Kalau diperusahaan sudah ada listnya bagaimana?

    ReplyDelete
  10. Terima kasih mas..
    sangat membantu bnget ilmunya mas....

    ReplyDelete
  11. aku suka ini untuk belajar sebagai orang pemula,,,
    namun aku punya pertanyaan gan ,,,
    cara itu berarti kita harus mngisi IP satu persatu..
    namun agar kita dapat menentukan sitiap ada client masuk tanpa mengetahui berapa IP client tersebut secara otomatis sudah ada btasan bandwith nya itu gmn gan,,

    SUwun :)
    http://tutorial-speed.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tutorial di atas juga sudah membahas itu. Coba baca lagi bagian "Target Address". Kalo limit bandwidth mau diterapkan ke semua client tanpa tau berapa IP address nya tinggal kosongi saja opsi Target Address nya.

      Semoga bisa dimengerti. Makasih :)

      Delete
    2. iya ada gan untuk membatasi semua, tapi dikecuali IP satu saja bisa gak yang gak dibatasi yang lain dibatasi semua

      Delete
  12. terima kasih banyak tutornya mas rizky..simple pdat berisi gak kek blog sebelah..copas doang ....

    ReplyDelete
  13. saya mau tny nih gan, kl mau bikin schedulle batas penggunaan internet pada jam2 tertentu tiap IP address gimn caranya ya. Thx

    ReplyDelete
  14. sore mas agung, saya hendry, mau tanya nih mas untuk setting awal mikrotik rb 750 pada biznet ada tidak tutorialnya mas agung? apakah sama dengan setting speedy yg mas bahas di atas? makasi banyak nih mas. tolong di bantu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja mas kaya speedy, tergantung juga sih kalo dial nya pake PPPoE berarti sama aja kaya di speedy tinggal masukin aja detai login nya di setingan PPPoE Mikrotik

      Delete
  15. thanks ya ilmunya sngat berguna banget bagi pemula seperti saya...tp ada yg sy ingin tanyakan klo ada client yg mendownload dgn menggunakan IDM apa bandwidthnya masih tetap terbagi dgn adil dgn client yg lainnya.? makasih sebelumya.

    ReplyDelete
  16. Kalo setting simple queue menggunakan fitur bursting lebih dari 2 PC Gmn gan?
    Thx

    ReplyDelete
  17. Mau tanya shaping dan scheduling buat simple queue menggunakan fitur bursting itu Gmn gan?

    ReplyDelete
  18. Gara gara baca= Limit At adalah alokasi bandwidth trendah yang bisa didapatkan oleh user jika traffic jaringan sangat sibuk. Seburuk apapun keadaan jaringan, user tidak akan mendapat alokasi bandwidth dibawah nilai Limit At ini. Jadi Limit At ini adalah nilai bandwidth terendah yang akan didapatkan oleh user. Nilai nya terserah anda mau diisi berapa. Misalnya diisi upload 128kbps download : 512kbps. Ak jadi pingin banget beli mikrotik. kayaknya cocok banget buat speedy dirumah adikku gemar game online ak gemar download jadi bisa teratasi ping RTOnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan gan diborong aja mikrotik nya, tapi yang perlu di garisbawahi, kalo koneksi internet nya lagi error maka BW limit at nya ga akan terpenuhi :D

      Delete
  19. trims banget tutornya bang.. klo buat wanet antara brosing, n game agar g leg gmn setingnya?thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu lebih ke kualitas koneksi internet nya gan. ga usah diseting macem2 kalo internet nya bagus ga akan lag

      Delete
  20. ini sudah saya coba di bagian cek url ip kenapa gx mau ya gan ? malah masuk ke settingan speedy saya ...

    ReplyDelete
  21. Mas...mo nanya...

    Kalo mo merubah (meng edit ) settingan bandwidth yg lama ...gimana caranya ya ? tanpa me reset mikrotiknya..sy mo merubah angka tx max nya.... nuwun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal masuk ke Mikrotik nya via winbox, masuk ke menu queues tinggal rubah saja parameter yang mau di edit

      Delete
  22. Mas mo tny nih..
    Sy pny BW 3mb, pngen d bagi 1,5mb ke hotspot, 1,5mb ke lan..klo untuk kan hotspot bisa lgsng d limit di server hotspot , klo buat lan limit nya gmn,,?

    ReplyDelete
  23. gan ga bisa.. mau ngedit.. bandwith tanpa ngereset ya ? saya sudah mau ngedit.. tapi ga mau ngedit gan... tolong pencerahanya..

    ReplyDelete
  24. gan mau tanya kalo membatasinya dengan alamat Mac Address nya gimana yah?
    trims

    ReplyDelete
  25. makasih ka, bisa sidanglah buat besok dari materi ini hehe

    ReplyDelete
  26. Manajemen Bandwidth Menggunakan Simple Queue Full
    http://mediacomptech.blogspot.com/2013/11/manajemen-bandwidth-menggunakan-simple.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas sangat berguna sekali. sudah dicoba dan berjalan mulus

      Delete
  27. mas saya mau ambil skripsi menggunakan mikrotik....ada saran???

    ReplyDelete
  28. mas, saya berencana mau ambil skripsi menggunakan mikrotik....ada saran???

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak hal yang bisa dijadikan bahas skripsi, saya sarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dosen pembimbing nya baiknya ambil topik apa

      Delete
  29. mas bisa gk langsung di setting bandwith nya aj lewat menu Queues tanpa setting mikrotiknya dulu ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diseting dulu mikrotik nya, paling ga sampai klien bisa konek via Mikrotik, baru diset bandwidth nya

      Delete
  30. Mas, sori sy numpang tanya. Sy kan punya warnet game online. Pasang 2 line dari speedy : 1 line 1mbps, 1 line lagi 3 mbps. Sy kemaren seting ama orang mikrotik, yg 1 mpbs 1 line itu khusus untuk game. Yg 1 line lagi yg 3mbps untk browsing. Rata2 perbandingan orang yg main game ama yg browsing itu sekitar : 14 : 6. Kebanyakan maen game sih sebenarnya.

    yg sy mau tanya, settingan yg bagus untuk 3 mbps untuk browsing 20 kom gimana ya? (untuk game gak usah karena game pisah jalur)

    berapa max limit target upload?
    berapa max limit target download?
    berapa limit at target upload?
    berapa limit at target download?

    thanks ya mas

    ReplyDelete
  31. thanks om, tugas ane jadi selesai nih :D

    ReplyDelete
  32. gan kalo membuka situs yang diblokir oleh provider gimana gan? apa bisa menggunakan web proxy jg?

    ReplyDelete
  33. gan, ini tadi saya setting untuk membatasi bandwitnya yang menggunakan LAN bisa dan berhasil,,
    tapi kalo yang wifi/wlan kok gak bisa ya gan??kecepatan downloadnya tetap maksimal,,apa settingan hotspotnya ada yang gak bener??ane udah utak atik pacet ae..

    target "Interface" = ether-Lan, ini bisa
    target "Interface" = wlan. ini gak bisa
    target address udah disetting semua,,

    Heeellllppp mee gannnnnn,,,ohhhhhh

    ReplyDelete
  34. pagi broo, aku agak sedikit bingung nih, mikrotik ku kuseting simple queue nah aku mau nambahin ap(acces point) di mikrotik buat wifinya gimana saetingan supaya orang yang acces wifi bisa di atur banwidthnya sekian mohon pencerahannya broo (sendy) thanks

    ReplyDelete
  35. malam mas,
    kan sudah di jelasin teknik simple queues dan limit at nya secara otomatis.
    jadi kalau kita acak password di user manager apakah hasil settingan max dan limit at nya itu dapat jalan dengan login dan password yang teracak di userman?

    terima kasih.
    semoga sukses.
    dan salam sukses.

    ReplyDelete
  36. kalo di target diisi ip addres ... karena seting dhcp berarti tiap hari harus ganti ipaddres siapa yg mau dilimit ... bisa gak target addres diisi mac address ... jai biar tiap client tdk ganti-ganti ip addresnya utk dilimit

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo diisi sama mac address tidak bisa pak, saran saya sih client yang mau dilimit IP nya dibikin static aja dengan masih menggunakan DHCP.
      Caranya masuk ke menu : IP -> DHCP Server -> Leases --> Pilih client yang mau dijadikan static IP --> klik Make Static
      baru masukkan IP client itu di queue
      Semoga membantu :)

      Delete
  37. Mau Tanya donk , Gimana cara Membagi bandwith 2MB Ke Client PC , Hotspot , HP ?

    ReplyDelete
  38. mantap yah..potingannya... keren .. banyak ilmunya. siip
    http://download-cek.blogspot.com/

    ReplyDelete
  39. mas agung, saya mau tanya,,
    apakah bisa di setting agar setiap client mendapat bandwith yang berbeda ? misalnya client 1 : 128Kbps, client 2 : 256Kbps, dan Client 3 : 512Kbps. terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas, tinggal isikan IP address client di kolom Target Address. Tapi pastikan client nya dapat IP statik alias IP yang sama (tidak berubah)

      Delete
  40. mas kalau boleh disertakan juga ya link buat download artikelnya saya ingin belajar sampai tuntas thanxx ....

    ReplyDelete
  41. mas rizky,,,,
    mau tanya nee... gimana cara mengatur jangkauan wifi di RB951G-2HnD ???
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  42. mas rizky,
    mau tanya gymana cara setting ip khusus mas di mikrotik,?
    contohnya bos saya mau punya ip tersendiri buat dia mas, biar dia lebih cepat, walaupun jaringan user banya yg makai/sibuk, bos saya tetep mendapat internet cepat.
    mohon bantuanya mas,
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo biar internet nya cepat kasih aja IP khusus buat bos anda, terus IP tadi kasih juga alokasi bandwidth yang lebih besar dari IP lainnya.
      Bisa terapkan tutorial di atas dengan sedikit pengembangan.

      Delete
  43. berati nyetingnya Lim cumak opsi Lim berapa dan centang target upload sama target download nya..
    tp saya masih bingung Gan...

    ReplyDelete
  44. Mau tanya, kok muncul wrong username and password waktu saya masukkan username and password di laptop yg berbeda via winbox, web. Dan apakah kita bisa mengetahui login siapa yg memasukkan Ip tertentu ke dalam list queue

    tks

    ReplyDelete
  45. Bang mau tanya kalo mau batasin benwidth dalam 1 web gimana ? contohnya misalkan web youtube lebih besar bendwidth dari pada facebook

    ReplyDelete
  46. Mas mau tanya, sy kan pake ISP Biznet.
    Nah sy mau pake mikrotik buat batesin bandwidth aplikasi downloader IDM soalnya kalo ada yg download pasti jaringan ga stabil, PING naik drastis.
    Itu caranya gimana ya mas ? sama mending pake mikrotik seri apa ? Terimakasih
    (WiFi)

    ReplyDelete
  47. Mas rizky, bisa nggak kalau target ip address ny itu dibikin list gtu. Misal IP admin = 192.168.10.15 & 192.168.10.79
    IP Siswa = !IP admin

    Jadi di kolom taget ny tinggal di isi IP admin (tanpa perlu ketik satu2)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, silakan di mark dulu paket nya pakai mangle. Terus tambah address list nya ip admin.
      Baru masukin packet mark nya di simple queue atau queue tree

      Delete
  48. Assalamualaikum mas,
    boleh nanya gimana batasin quota dengan user_profile, sy lg deploy mikrotik hotspot yang usernya ada di freeradius.

    ReplyDelete
  49. Permisi, ini tidak bekerja di hAP lite ya? apa karena hAP lite memiliki Fasttrack

    ReplyDelete
  50. mantep gan... ane bisa belajar banyak dimari,,,,
    tank berat gan...

    ReplyDelete

Silakan anda berikan kritik, saran, masukan atau pertanyaan seputar Mikrotik pada kolom Komentar di bawah ini :

Back To Top